“How to make Good Quality Take Away Food”

Hari Sabtu kemarin BFS ikutan acara “How to Make Good Quality Take Away Food” di acara Cooking in Style with Chef Vera Christiani.. disini BFS juga mendapatkan banyak info tentang Styrofoam dari para ahlinya Guys..

Nah di acara tersebut Chef Vera menggunakan Styrofoam untuk mengemas bahan” untuk cooking pada hari itu.. disitu juga dijelaskan mengenai Styrofoam yg aman digunakan untuk menyimpan makanan.. yang perlu kita ketahui bahwa Stiren tidak boleh disamakan dengan Polistiren.. Institut Nasional Ilmu Kesehatan Lingkungan Amerika Serikat menyebutkan bahwa “Polistiren dan Stiren adalah dua zat yang berbeda. Meskipun Polistiren terbuat dari Stiren namun mereka bukan merupakan zat yang sama.” Chef Vera juga menyebutkan keunggulan dr Styrofoam mudah dibawa kemana”, harganya murah, ringan, dsb..

Disana juga para ahlinya berbicara bahwa Polistiren dianggap aman untuk kemasan penyajian makanan.. Pusat Harvard untuk Analisa Resiko menyimpulkan bahwa tidak ada alasan untuk mengkhawatirkan pemaparan stiren dari makanan atau polistiren yang digunakan dalam wadah yg bersentuhan dengan makanan seperti kemasan dan wadah penyajian makanan. Program Toksikologi Nasional Amerika Serikat juga menyebutkan bahwa kadar stiren dalam wadah polistiren adalah ratusan bahkan ribuan kali lebih rendah dibandingkan yang timbul dalam lingkungan kerja.

Bahan kemasan ini secara luas telah disetujui oleh berbagai lembaga berwenang di banyak negara seperti Jepang, Tiongkok, Amerika Serikat, Eropa dan Indonesia..

Banyak pertanyaan mengapa polistiren untuk kemasan makanan?

1. Bersih, Higienis dan Tidak Berpori

Biasanya kita temukan daging, unggas, serta makanan laut lainnya dikemas dalam wadah polistiren busa guna mencegah kebocoran cairan dan bakteri yg dapat membahayakan.

2. Ringan

95%-98% busa polistiren berisi udara, sehingga meminimalkan biaya transportasi dan angka kerusakan. Hal ini juga dapat meningkatkan efisiensi energi.

3. Mudah Diolah

Polistiren adalah bahan termoplastik yang murah dan mudah diolah serta menyediakan kejernihan optik yang baik, sangat mengkilap dan memiliki stabilitas dan kekokohan dimensi yg baik.

4. Bahan Isolasi yang Efektif untuk Keamanan Makanan

Dalam kemasan Polistiren makanan yg panas akan tetap panas, makanan yg dingin akan tetap dingin dan bahan yg segar akan tetap segar karena sifat ksolasi yg sangat baik dan mampu menjaga suhu makanan.

5. Masa Penyimpanan Lebih Lama

Menjaga keawetan makanan selama perjalanannya dari usaha pertanian sampai disajikan di meja makan.

6. Kuat, Tahan Lama dan Tahan Banting

Polistiren mengalami ekspansi antara 40-50x dari volume semula, sehingga mengubah udara menjadi bahan kemasan yg kuat dan berdaya guna.

7. Ekonomis

Dengan menyediakan kinerja dan kualitas yang tinggi tapi hemat biaya.

Fakta Lebih Lanjut tentang Polistiren Busa

1. Lebih sedikit menggunakan Sumber Daya Alam

Penggunaan Energi : produk yg dibuat dari polistiren bisa mengkonsumsi energi jauh lebih hemat dibandingan produk alternatif lain.

Pemakaian Air : menggunakan air jauh lebih sedikit, empat kali lebih sedikit dibandingkan pembungkus makanan dari PLA

2. Sumber Energi yang Sangat Baik

Material Polistiren memiliki kandungan energi sangat besar menyediakan sumber panas dan cahaya bagi lingkungan. Karena mengandung energi lebih dari 35rb BTU per kg atau 2x lioat dibandingkan batubara

3. Dapat diDaur Ulang

Sudah dilakukan dibeberapa negara bahwa polistiren bisa didaur ulang.

4. Jejak yang lebih Ringan

Cangkir polistiren busa 2x-5x lebih ringan dibandingkan kemasan kertas yang setara, jadi dapat mengurani emisi pencemaran udara pada pengangkutan produk.

Tapi inget Guys jangan buang sampah sembarangan yaa.. Hal ini yang seringkali merugikan lingkungan.. Buang Sampah pada tempatnya yaa !